10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi - Siapa sih yang tidak mengetahui kota yang terkenal dengan makanan Gudegnya ini? Kota yang akrab disebut Jogja ini memang sangat terkenal dengan wisata kulinernya.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Saat berkunjung ke Jogja pasti kita akan dengan mudah menemukan tempat makan yang menawarkan menu – menu unggulan. Namun dari sekian banyak tempat makan yang ada di Jogja pasti terdapat beberapa termpat yang menjadi favorit. Nah berikut ini akan kami ulas 10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi.

Dalam hal masakan, rasanya Jogja memiliki hampir semua menu makanan yang ada di seluruh negeri ini. Terlebih lagi dari sekian banyaknya tempat makan di Jogja tersebut menawarkan menu yang berbeda – beda di tiap warungnya. Oleh karena itu jangan kaget jika kota jogja sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hobinya makan - makan.

Kita akan membutuhkan waktu yang lama bahkan berhari - hari untuk dapat menjelajahi semua tempat kuliner yang ada di Jogja. Nah, supaya kita tidak kebingungan saat ingin merasakan nikmatnya kuliner Jogja. Serta ingin mencari tempat kuliner yang harganya tak terlalu menguras kantong alias terjangkau. Maka kami akan merekomendasikan 10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi, langsung saja silakan simak di bawah ini:

Daftar Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak


1# Gudeg Wijilan dan Barek

Selaian kota pendidikan, Jogja juga dikenal dengan sebutan kota Gudeg. Maka dari itu jika kita berlibur ke kota ini tak lengkap rasanya jika belum mencicipi gudeg. Dimana kuliner gudeg ini merupakan sebuah makanan yang terbuat dari nangka muda dan dimasak pada kendi yang terbuat dari tanah liat selama beberapa jam. Kita akan mendapati banyak sekali depot atau tempat makan yang menyediakan gudeg.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Akan tetapi ada beberapa kawasan yang sangat populer sebagai pusat kuliner gudeg yaitu kawasan Wijilan dan Barek. Daerah Wijilan terletak tak jauh dari areal Keraton dan dapat ditempuh hanya 10 menit berjalan kaki. Nah di daerah Wijilan ini ada satu tempat kuliner gudeg yang legendaris karena berdiri sejak tahun 1946 yaitu warung gudeg Bu Slamet.

Sedangkan pada saat kita berada di Jogja sebelah utara, maka kita dapat menjumpai sentra gudeg di daerah Barek. Karena di sepanjang jalan Barek, akan dipenuhi oleh para penjual gudeg mulai subuh hingga pagi menjelang. Banyak sekali penjual gudeg di kota Jogja yang dapat kita singgahi, selain itu kita dapat melihat proses pembuatan gudeg di beberapa warung gudeg tersebut.

2# Gudeg Manggar Manding

Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi selanjutnya adalah Gudeg Manggar Manding. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya ada 3 jenis gudeg yang ada di Jogja yaitu gudeg basah, kering, dan manggar. Perbedaan dari ketiga jenis gudeg tersebut adalah bahan yang digunakan, jika gudeg basah dan kering terbuat dari nangka muda, namun untuk gudeg manggar dibuat dari bunga kelapa.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Pembuatan Gudeg Manggar yaitu bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak dengan santan dan beraneka bumbu rempah – rempah selama berjam - jam. Sehingga dapat menghasilkan sensasi kelezatan yang unik pada sajian kuliner ini. Bunga pohon kelapa terasa sangat crunchy dan untuk tangkainya memiliki rasa mirip dengan jamur tiram.

Karena semakin terbatasnya stok manggar atau bunga pohon kelapa membuat gudeg manggar ini semakin sulit dijumpai. Banyak penjual yang terpaksa menutup warung karena keterbatasan stok bunga pohon kelapa. Namun jika kita ingin mencicipi Gudeg manggar, kita dapat singgah di rumah Makan Manggar Manding, yang terletak di Jalan Parangtritis, Manding, Bantul, Yogyakarta.

3# Angkringan Kopi Joss Lik Man

Banyak yang bilang selain mencicipi gudeg yang lezat, kita wajib menikmati nasi atau sego kucing dan kopi jos di Angkringan Kopi Joss Lik Man. Nasi atau sego kucing ini, bukan berate nasi untuk kucing yahh,, namun sebungkus nasi yang porsinya hanya sedikit dengan lauk orek tempe dan sambal teri. Nah satu lagi yang menarik dari angkringan yang paling hitz di Jogja ini, yaitu Kopi Joss atau kopi panas yang diberi arang panas.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Kita tak perlu khawatir akan kebersihan dari kopi joss ini, karena arang yang digunakan diambil langsung dari tungku. Jadi untuk kebersihannya dapat dijamin, terlebih lagi arang yang dicelupkan ke dalam kopi tersebut dipecaya dapat menetralisir kafein. Sehingga kopi jos ini sangat aman untuk pencernaan kita. Lokasi Angkringan Kopi Joss Lik Man ini terletak di sekitar Kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta. Angkringan Kopi Joss Lik Man ini merupakan salah satu Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak dan harganya juga cukup terjangkau.

4# Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Tidak hanya terdapat makanan yang manis – manis saja seperti gudeg di Jogja, melainkan terdapat juga sebuah menu makanan yang sangat pedas. Yaah jika kalian menyukai makanan yang pedas, maka tak ada salahnya untuk mampir dan mecicipi menu makanan di warung Bu Narti yang ada di jalan KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Jogja. Di warung Bu Narti ini kita dapat mencoba menu super pedas yaitu oseng – oseng mercon.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Menu makanan kreasi dari Bu Narti ini termasuk dalam Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak, karena sudah berdiri sejak tahun 1998. Oseng – oseng mercon Bu Narti ini merupakan sebuah makanan yang terbuat dari kikil dengan bumbu rempah – rempah dan juga cabai yang sangat banyak. Bahkan menurut informasi yang kami dapatkan untuk memasak oseng – oseng kikil mercon ini dibutuhkan kurang lebih sebanyak 6 Kg cabai. Jadi tak heran jika Oseng-Oseng Mercon (Oseng-Oseng kikil) Bu Narti ini memiliki rasa yang super pedas.

5# Sate Klathak Pak Pong

Tempat wisata kuliner Jogja paling enak yang satu ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang suka dengan sate kambing. Tempat makan Sate Klathak Pak Pong ini hanya menyediakan menu makanan berupa sate spesial yang tak ada di tempat lain. Sate ala Pak Pong ini memiliki rasa dan juga tekstur daging yang khas dan lezat. Hal tersebut dikarenakan Pak Pong hanya menggunakan bumbu - bumbu sederhana.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Sate Klathak Pak Pong  ini hanya menggunakan bumbu merica, garam, dan juga kecap. Hanya dengan menggunakan tiga bahan inilah yang membuat Sate Klathak Pak Pong memiliki rasa yang khas. Selain itu alat yang digunakan juga cukup unik, dimana Sate Klathak Pak Pong ini tidak menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bamboo. melainkan Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda sebagai tusuk satenya. Lokasi tempat kuliner Sate Klathak Pak Pong ini berada di Jalan Imogiri Bantul, Jogja.

6# House of Raminten

Satu – satunya Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak yang mengusung konsep tradisional adalah House of Raminten. Tempat makan House of Raminten yang berada di di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Jogja ini menyajikan menu makanan dengan cara berkelas dan elegan.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Menu makanan tradisional jawa seperti sate lilit, tahu bola, brongkos, wedang sereh, cunduk, dan nasi kucing akan kita dapati di rumah makan yang satu ini. Uniknya lagi arsitektur bangunan yang ada di dalamnya juga terlihat sangat klasik.

Dimana kita akan menjumpai sebuah kereta kuda yang ada di luar dan di bagian dalam terdapat arsitektur khas jawa. Selain itu saat kita menyantap makanan akan dilayani oleh pelayan yang menggunakan pakaian jawa dan terdapat sebuah kentongan di atas menja yang digunakan untuk memanggil pelayan. Tak hanya itu saja, kita akan diiringi dengan gamelan jawa dan juga wangi – wangian dupa saat bersantap di House of Raminten ini.

7# Banyu Mili Contry Club

Nah jika Anda ingin berwisata kuliner sambil mengajak keluarga Anda berekreasi, maka Banyu Mili Contry Club merupakan tempat yang cocok untuk Anda. Disini kita akan mendapati sebuah tempat makan yang berada satu lokasi dengan tempat rekreasi keluarga. Jadi setelah Anda dan keluarga capek bermain wisata air yang berupa kolam renang, wahana air, danau dan hutan buatan, Anda dapat beristirhat dan mencicipi menu andalan di tempat ini.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Menu makanan andalan di Banyu Mili Contry Club ini adalah udang bakar madu dan kepiting telur. Dimana udang dan kepiting yang dimasak merupakan hasil budidaya sendiri, jadi masih segar saat dimasak. Selain itu Anda juga dapat mencicipi menu yang lainnya seperti ayam goring, cumi bakar, dan juga gurame bakar. Banyu Mili Contry Club ini berada di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean, Jogja dan buka setiap hari.

8# Bong Kopitown

Bong Kopitown merupakan satu - satunya tempat wisata kuliner yang ada di Jogja dengan konsep ruangan ala – ala penjara. Rumah makan yang buka setiap hari mulai jam 10 sian sampai jam 12 malam dan terletak di Jalan Sagan Kidul 4, Joga ini memiliki desain mirip dengan penjara lengkap dengan jeruji besi di setiap ruangannya. Selain itu Anda akan menjumpai sipir dan para narapidana yang mondar - mandir mengantar pesanan.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Beberapa menu makanan andalan yang ada di Bong Kopitown antara lain sapo tahu, kopi tetes, rendang spicy noodle dan Penang fried noodle. Saat Anda duduk masuk ke Bong Kopitown dan di kursi, Anda jangan kaget jika tiba - tiba didatangi pelayan yang menyodorkan selembar Koran. Yang mana selembar Koran tersebut berisi daftar menu makanan dan juga sejarah berdirinya rumah makan Bong Kopitown ini.

9# Lesehan Pari Gogo

Satu lagi Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi yaitu Lesehan Pari Gogo yang terletak di Jalan Wonosari, Semanu, Gunungkidul. Menu makanan yang akan kita dapati di Lesehan Pari Gogo ini antara lain Nasi merah, sayur lombok ijo, trancam, usus goreng, empal, ayam goreng, dan wader goreng. Tempat makan yang satu ini juga pernah didatangi oleh Sultan Hamengku Buwono X dan juga Ibu Megawati.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Maka jangan heran jika terdapat foto Mantan Presiden Megawati dan Sultan Hamengku Buwono X tertempel di dinding yang berbahan gedhek dan kayu. Suasana ndeso akan kita rasakan saat bersantap di Lesehan Pari Gogo yang jiga terkenal dengan nama Sego Abang Mbah Jirak. Rumah makan legendaris yang satu ini lebih terkenal di kalangan para wisatawan dari pada penduduk lokal.

10# Thiwul Yu Tum

Saat kita berwisata ke daerah Gunung Kidul, jangan lewatkan mencicipi jajanan khas daerah tersebut, yaitu Thiwul. Jika dulu tiwul mwerupakan makanan kelas dua, namun untuk saat ini Tiwul merupakan makanan yang diburu oleh para wisatawan. Hal tersebut lantaran tiwul memiliki tekstur pulen dan lembut, serta adanya inovasi bermacam rasa, membuat thiwu ini tidak lagi menjadi makanan kelas dua.

10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak Yang Wajib Dikunjungi


Nah salah satu penjual thiwul legendaris yang sudah berjualan sejak tahun 1985 adalah Tumirah atau biasa dikenal dengan Yu Tum. Letak Gerai sekaligus dapur utama Thiwul Yu Tum adalah di Jalan Pramuka, atau di sebelah Balai Desa Wonosari. Keistimewaan thiwul Yu Tum ini adalah tumbukan gapleknya yang halus, sehingga terasa lembut di mulut. Jadi jangan lenwatkan untuk mencicipi Thiwul Yu Tum saat berada di daerah Gunung Kidul.

Jogja memang terkenal dengan daerah yang memiliki sejuta menu makanan tradisional. Sebenarnya banyak tempat makan yang ada di kota Jogja dengan menawarkan keunikan serta kelezatan yang berbeda – beda. Tempat – tempat wisata kuliner yang kami rekomendasikan di atas merupakan sebagiankecil dari sekian banyaknya Tempat Wisata Kuliner Jogja Enak.

Nah itulah beberapa rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Enak yang dapat kami sampaikan untuk Anda semuanya. Sekian informasi wisata kali ini, semoga dapat menambah wawasan serta dapat menjadi rujukan sebelum Anda berwisata. Terima kasih dan selamat berlibur